Monday, November 24, 2008

Islam dan Kontribusi Pengobatan Sepanjang sejarah

Versi Juni 2006







Ilmu pengobatan modern sebagian besar datang dari ilmu pengobatan Eropa, yang mana berawal dalam pengobatan Greco-Roman kuno. Selagi hal ini adalah benar, itu terlalu diremehkan; kebanyakan orang-orang, apakah Muslim atau non-Muslim, dgn tak menyadari pengobatan barat tidak akan seperti saat ini tanpa adanya banyak kontribusi yang penting dari ilmu pengobatan Islam. Di sini adalah gambaran yang ringkas dari beberapa kontribusi, yang diikuti dengan apa yang Quran dan hadis ajarkan pada ilmu pengobatan.





Permulaan dari Ilmu Pengobatan di Dalam Islam



Ketika wilayah Arab sebelum Muhammad mempunyai pengetahuan pengobatan primitif, orang-orang Mesir, Bizantium, dan Persia adalah sangat maju dalam ilmu pengobatan. Mereka melakukan pembedahan, banyak pengobatan dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan dan tumbuhan yang lain, susunan tulang, memahami sebagian dari ilmu pemelihara kesehatan (sanitasi), dan penderita kusta yang terisolasi. Bagaimanapun, ada banyak takhyul, dan pengobatan yang menggunakan obat yang tidak baik juga.



Orang-orang islam secara umum menyetujui bahwa keislaman orang-orang Abbasid adalah lemah ( seorang penguasanya berendam di dalam suatu kolam anggur), tetapi di bawah toleransi mereka, ilmu pengetahuan, dan pengobatan mengalami kemajuan.



Para doktor yang pertama di dalam dunia Islam adalah sebagian besar orang-orang Kristen Nestorian seperti yang berikut. Jurji Bakhtishu dari bagian barat wilayah Iran ( yang meninggal 830 A.D. 215 A.H.) dan para putra nya adalah para doktor di bawah Khalifah Al Mansur. Yuhanna ibn Masawayh ( yang meninggal 243/857), orang Nestorian yang bernama Hunayn ibn Ishaq ( c.800- 873 A.D / 260 A.H.) adalah ditugaskan oleh Al Ma'Mun sebagai kepala dari Dar al Hikmah ( Rumah dari Kebijaksanaan), dan adalah seorang yang menerjemahkan banyak pengobatan awal dan pekerjaan-pekerjaan ilmiah ke dalam bahasa Arab. ( Lihat http://www.masnet.org/history.asp?id=1033 dan http://www.nlm.nih.gov/hmd/arabic/bioI.html untuk informasi lebih lanjut).





Tetapi, pada tahun 931M, 869 dokter mengikuti ujian untuk mendapat perizinan dari Khalifah Al Muqtadir di tahun 931M.





Enam Dokter Muslim Paling Utama dan Apoteker





‘Ali bin Radha al- Tabari (='Abdullah ibn Sahl Rabban) Tahun 855 M.
Pada dasarnya memulai pengobatan di islam dengan menulis ensiklopedi medis Surga Kebijaksanaan

Rhazes (Al-Razi)

Tahun.850 M-.925 M
Seorang pelajar Al-Tabari, dia dan Avicenna adalah dua dokter paling utama diantara abad ke 5 dan 18. Ahli kimia Persia yang membuat plester Paris dan mempelajari antimonium



Albucasis (al-Zahrawi)

(meninggal tahun 1013 M)
Berasal dari Cordoba, ahli bedah muslim terbesar. menulis buku ilmu pasti pembedahan, dilengkapi 200 gambar.

Al-Buruni

(meninggal tahun 1051 M)
menulis paling buku tentang pengobatan secara lengkap.



Avicenna (Ibn-Sina)

979/980-1037 M.
Juga seorang ilmuwan, ahli filsafat, dan ahli logika yang menulis hampir 200 pekerjaan. Albert Magnu di Inggris belajar banyak dari dia.

Averroes (Abu al-Walid Mohammed … ibn Roshd)

1126-1198 M.
Komentator Aristotle. mengatakan sebagian besar kemiskinan dan bahaya datang dari cara orang-orang muslim memperlakukan wanita.




Obat-Obatan dan Ilmu Farmasi



Ja'far Al Sadiq (meninggal tahun 140/757) belajar pengobatan Yunani dari orang-orang muslim Khalid, yang belajar pengobatan ini dari biksu Byzantium Maryanos / Marianos. Jabir Ibn Hayyan, Al Kindi, dan Al Razi semua memberikan sumbangan ke pengetahuan kami tentang obat-obatan. Al-Biruni (meninggal tahun 1051M), menulis paling buku lengkap/ komplet tentang obat-obatan. Sebelum kemudian, Sabur Ibn Sahl (meninggal tahun 255/868).





Tentu saja kami tidak mau ikut segalanya dalam pengobatan Timur Tengah. Mengepulkan ganja ala Persia, sama seperti menelannya sebagai pil atau memakannya dengan gula seperti permen, sesuai dengan pengobatan hal. 59. Hal tersebut haruslah menunjukkan bahwa walaupun hal tersebut tidak sesuai dengan hadis, karena semua hal yang menyebabkan mabuk dilarang, di dalam yang manapun besar atau kecil. Ibn-I-Majah jilid. 4 nomer. 3386-3391 halaman 496-498; jilid. 4 nomer. 3393-3398 halaman 498-499. Semua minuman yang memabukkan dilarang (Bukhari jilid. 1 buku 4 Bab 75 nomer 243 hal 153)



'Ali Ibn 'Abd Al-'Azim Al-Ansari (hidup tahun 1268-1270M) menulis dua pekerjaan mengenai obat penawar untuk racun. Dia mengatakan “theriac”, obat penawar universal untuk racun.







Rumah-Rumah Sakit Arab



Sang Umawi Khalifah Walid Ibn 'Abdul Malik mendirikan rumah sakit pertama pada tahun 706 M. Nanti mereka mempunyai jenis-jenis rumah sakit yang berbeda: penyakit mental, penyakit fisik menular, dan tidak menular. Orang-orang Muslim juga menciptakan “rumah sakit bergerakl”. Rumah sakit yang dibawa unta di sebuah karavan, makanan, air, obat-obatan, mengoperasi dan ruangan isolasi, dan suatu awak dokter, perawat, pembantu, petugas, dan pembantu. Ambulant rumah sakit menempuh perjalanan dari kota ke kota atau desa ke desa, hadir dalam suatu peristiwa epidemik dan korban malapetaka alami. Rumah sakit muslim juga dilengkapi dengan rekreasi dilengkapi dengan dan mempekerjakan musikus.





Ahmad Ibn Tulun mendirikan salah satu rumah sakit paling terkenal di Kairo pada tahun 872 M.





Qalawun mendirikan rumah sakit Dar Al Shifa, mendirikan di Kairo pada tahun 1284 M, yang digunakan sampai penyerbuan yang dilakukan Napoleon atas Mesir di 1798 M.



Al Muqtadir mendirikan rumah sakit terkenal di Baghdad pada tahun 915 M.





Avicenna



(Avicenna) Ibn Sina (tahun 979/980-1037 M ) merupakan salah satu dari dua dokter medis timur tengah terbesar dalam sejarah; orang Eropa memanggil dia “sang pangeran dokter”. dia menulis buku medis paling terkenal dalam sejarah: standar pengobatan. Hal ini merupakan pekerjaan pengobatan yang berwenang di Eropa untuk lebih 600 tahun sampai abad ke 19t. Avicenna menemukan meningitis dan banyak obat. Dia melihat obat itu dan diet dirahubungkan dalam perlakuan pengobatan. Dia mengerti bahwa beberapa penyakit perut bernanah merupakan berasal dari sebab-sebab fisik, dan lain dari kecemasan mental dan depresi. Avicenna menghimbau pembedahan untuk memindahkan kanker dan menggunakan musik dalam membantu menyembuhkan pasiennya. Dia sering melarikan diri dari mana dia bekerja dan falsafahnya dihancurkan karena hal ini tidak ortodoks.



Obat-obatan Arab adalah bukan hanya tanam-tanaman yang secara kebetulan membantu suatu penyakit; mereka menghasilkan secara luas. Sebagai contoh, obat-obatan halaman 22-23 memberikan contoh suatu pengobatan perut secara Arab yang mencampur kemenyan, bunga iris, merica putih dan fermentasi biji adas untuk tiga hari di dalam sekendi anggur. Anggur diusahakan keluar dan obat diminum setelah berolah raga. Sayangnya Avicenna juga menetapkan melapisi emas dan perak di sebagian dari pil-pilnya. Sebaliknya, Abu Dawud jilid 2 bab 1469 nomor 3861,3865 halaman 1086,1087 mengatakan tidak ada yang melanggar hukum (seperti anggur) dapat digunakan dalam pengobatan.





Warisan Tidak Baik dari Avicenna: Teknik Pembakaran Luka (Cauterization)





Avicenna sejauh ini pada masanya para dokter selama berabad-abad tidak pernah menanyai pengetahuan dia. Hal itu tidak baik secara satu arah walaupun juga, karena dalam standar Avicenna dia berpikir para ahli bedah seharusnya tidak menggunakan pisau, tetapi lebih pembakaran dengan besi panas. Sementara albucasi pertama yang disarankan pada abad ke 11, Avicenna secara besar mempengaruhi pada abad 14 menyebarkan kepercayaan ini. Ilmu Kedokteran pada halaman 33 mengatakan bahwa Gereja Katolik mengadopsi “Kebijakan” Avicenna dan pembakaran menjadi metode penyembuhan umum. Para Dokter Persia terlalu memperlakukan kusta dan macam-macam penyakit lain dengan api. Akan tetapi, Dokter Perancis Ambrose mengupas, pada tahun 1536, memperlakukan luka bila minyak untuk melakukan pembakaran habis. Daripada tidak ada yang dapat dilakukan, dia menerapkan campuran minyak luka terpentin dan minyak mawar. Hari berikutnya, sangat mengejutkan dia, dia menemukan bahwa prajurit itu sangat lebih baik keadaannya daripada menggunakan teknik pengobatan dengan cara membakar.





Avicenna bukan seorang yang sangat muslim ortodoks, meminum anggur, dan memegang kepercayaan yang tidak lazim. Tetapi jika Avicenna telah memberi perhatian kepada hadis-hadis yang akan telah membantu disini. Sementara hadith secara salah mengatakan bahwa teknik pembakaran luka menolong, Muhammad melarang teknik ini untuk para pengikut dia.



Cauterization [membakar luka dengan api) bekerja, tetapi para muslim seharusnya tidak melakukan hal tersebut. Ibn-I-Majah jilid. 5 No 3489 halaman 32. Dalam Abu Dawud jilid. 3 bab 1465 nomor 3857 halaman 1085 muhammad melakukan teknik pembakaran luka pada Saa'd Bin Mu'adh (yang kemudian meninggal), tetapi itu awal di karir Muhammad.



“Penyembuhan adalah merupakan tiga hal: menelan madu, cupping atau membakar. tetapi saya melarang pengikut saya menggunakan teknik pembakaran luka (cauterization). ” bukhari jilid. 7 buku 71 bab 3 nomor 584 halaman 396. Sahih muslim jilid 3 buku 24 nomor 5467,5468 halaman 1199,1200 mengajar hal yang sama.





Rhazes dan Dokter-Dokter Lainnya





(Rhaze, atau Ibn Riza) Abu Bakr Muhammad Al-Razi (tahun 855 -925/932 M ) merupakan dua dokter muslim lain yang terbesar. Dia saeorang pemain kecapi sebelum belajar filosofi di bawah Abu Zayd Al Balkhi, dan kemudian mengarah ke pengobatan di rumah sakit Baghdad. Pada tahun 902 M. Atas permohoan gubernur Rayy, dia meninggalkan Baghdad dan kembali ke Rayy, kota kediaman dia, untuk mengepalai rumah sakit. Dia menulis banyak buku-buku, termasuk satu di ilmu pengobatan penyakit jiwa, dan satu ilmu kesehatan di rumah sakit. Dia menggunakan alkohol sebagai suatu bahan pembasmi kuman dan air raksa sebagai obat cuci perut. Al-Razi membuat pelajarnya punya pendidikan yang berlanjut. Pekerjaan terbaiknya, ensiklopedi medis bergelar Al Hawi Fi Al Tibb, (disebut benua di Eropa) merupakan buku medis pertama dicetak di Eropa pada tahun 1486 M dan digunakan sampai abad ke 18. Rhaze menggunakan musik untuk menyembuhkan pasiennya, dan membedakan diantara penyakit cacar dan campak.





Khalifah Mesir Fatimid Al-Hakim (855 M-925 M) seorang yang sangat aneh, membakar sampai habis gereja-gereja, dan melarang para wanita mengenakan sepatu perang, tetapi dia memastikan bahwa Kairo mempunyai banyak rumah sakit yang baik. Dokter-dokter terkenal datang dari dimana-mana, termasuk Ibn Butlan yang menulis kalender kesehatan, dan Ibn Nafi, siapa yang menemukan peredaran darah yang berkenaan dengan paru-paru berabad-abad sebelum Michael Servetu.





(Albucasi) Khalaf Ibn 'Abba Al Zahrawi (meninggal tahun 1013 M), barangkali ahli bedah muslim terbesar, berasal dari Cordoba. Dia mempunyai julukan Al-Zahrawi karena dia pergi ke Al Zahra, suatu kota baru yang didirikan oleh Umayyad penguasa Al Nasir di Spanyol. Dia menulis buku mengenai pembedahan, dikenal di Eropa sebagai Concessio, dengan lebih dari 200 gambar. Ahli bedah Eropa sering mengutip dia pada akhir abad ke 16.



(Averroes) Abul Warid Muhammad Ibn Rushd (meninggal tahun 1198 M) lahir di Cordoba. Dia merupakan seorang dokter umum, ahli filsafat, sebaik perannya sebagai hakim. Dia pertama lihat pentingnya latihan fisik untuk kesehatan yang baik.



Sepanjang pertengahan abad 12, orang Yahudi Maimonide merupakan seorang ahli bedah untuk Saladin.





Di Spanyol keluarga Ibn Zuhr memiliki beberapa dokter besar. Abu Marwan 'Abd Al-Malik merupakan dokter klinis Maghrib paling terkemuka. Ahli filsafat Spanyol yang terkenal, Ibn Tufayl dan Ibn Rushd, juga dokter-dokter yang terkemuka.



Setelah invasi bangsa Mongol menyerbu timur tengah, orang-orang Muslim merujuk pada pengobatan Cina dan akupunktur.



WABAH



Seperti di Eropa, dunia timur tengah menderita melalui wabah besar. Disini beberapa di antaranya.





Beberapa wabah Timur Tengah



6/627-628 M Wabah Ctesiphon

638-640 M Wabah Amwa & Syria

668-689 M Wabah Basra

706 M Wabah Maidens

716-717 M Wabah Notables

1403-04 M Kematian hitam di Timur Tengah, 620 orang meninggal





Beberapa wabah di Eropa

664-683 M kematian hitam (wabah) di Inggris

740-744. M kematian hitam – Turki dan yunani 200 ribu meninggal

1345-47 M kematian hitam di Rusia

1347-51 M kematian hitam Eropah Barat 25-75 juta

1485-1550 M keringat Inggris 3 juta meninggal

1493 M sumber bencana di Genoa (80% meninggal)

1660-79 M kematian hitam di Eropa 14,4 juta meninggal



Sementara semuanya menderita karena wabah, orang Turki menemukan bahwa jika sejumlah kecil nanah dari bisul disuntik ke orang sehat, orang akan menderita sakit cacar tetapi akan bertahan sebanyak 99% pada waktunya sembuh. Ini merupakan jauh lebih baik rintangan daripada jika seseorang hanya mendapat penyakit cacar dengan cara yang normal.



Maafkan saya jika sebelumnya terlihat lamban, tetapi selama ini menunjukkan kontribusi di dalam pengobatan orang Timur Tengah dapat bangga akan sumbangan ke dunia kita sekarang ini. Kemajuan-kemajuan ini baik sekali, untuk menerangkan apa yang hadis-hadis Sunni hadith dan Al Quran ajarkan.





Ketika Muhammad Mengatakan Untuk Mencelupkan Seekor Lalat Dalam Minumanmu?



“Jika seekor lalat jatuh di dalam minuman siapa saja dari kamu, dia harus mencelupkan (di dalam minuman), untuk salah satu sayap nya terdapat penyakit dan lain mengandung obatnya (obat penawar untuk penyakit)” (1). Catatan kaki (1). mengatakan “lihat hadis No. 673 jilid 7 (untuk detailnya)” Bukhari jilid. 4 buku 54 Bab 15 No. 531 dahulu halaman 335.



“Diceritakan oleh Abu Huraira: nabi mengatakan, 'jika di rumah seekor lalat jatuh di dalam minuman dari siapa saja dari kamu, dia seharusnya mencelupkannya (di dalam minuman), untuk salah satu sayapnya mengandung penyakit dan lain mengandung obat untuk penyakit tersebut. ” Bukhari jilid. 4 buku 54 bab 16 No. 537 halaman 338.



Sambil lalu saja, seekor lalat yang makan dengan baik mengeluarkan tahi setiap lima menit menurut .



Abu Hureira mempunyai ingatan yang sempurna: “Diceritakan oleh Abu Huraira: saya mengatakan kepada rasul allah “saya mendengar banyak kisah (hadis-hadis) dari kamu tetapi saya melupakan mereka.” “Rasul allah mengatakan, sebarkan rida kamu (pakaian)” Saya melakukannya secara tepat dan kemudian dia memindahkan tangan-tangan dia dengan sesuatu (dan mengkosongkan mereka ke dalam rida saya) dan kemudian mengatakan, “ambil dan lilitkan dengan helai ini di seluruh tubuh kamu. “Saya melakukannya dan setelah itu saya tidak pernah melupakan semuanyal. ”Bukhari jilid. 1 buku 3 Bab 43 Nomor 119 halaman 89. Juga Bukhari jilid. 4 buku 56 bab 27 Nomor 841 halaman 538; Bukhari jilid. 9 bab 23 nomor 452 halaman 332.



catatan kaki (1) mengatakan, “Secara Pengobatan hal ini terkenal seperti sekarang ini sejak lalat membawa penyakit di bagian-bagian dari tubuhnya sebagai yang disebut oleh nabi (sebelum sekitar 1400 tahun ketika manusia sangat sedikit mengetahui pengobatan modern. ) Dengan cara yang sama allah membuat organisme dan mekanisme lain yang membunuh penyakit-penyakit ini sebagai contoh jamur penisilin membunuh organisme penyakit seperti staphalococci dan lain-lain. Percobaan baru-baru ini telah berbuat di bawah pengawasan yang menunjukkan bahwa lalat membawa penyakit (pathagen) ditambah obat penawar racun organisme-organisme itu. Biasanya ketika lalat menyentuh makanan cair ia menulari dengan penyakitnya, kemudian lalat ini harus dicelupkan untuk mengeluarkan juga obat penawar penyakit-penyakit untuk bertindak sebagai lawan secara seimbang penyakit-penyakit dari lalat tersebut. Berkaitan dengan subyek ini saya juga menulis kepada temanku Dr. Muhammad M. El-Samahy ketua departemen hadis di Universitas Al-Azhar Kairo (Mesir) yang telah menulis suatu artikel atas hadis ini dan memperhatikan segi medis dia telah mengatakan bahwa ahli mikrobiologi telah membuktikan bahwa terdapat sel ragi membujur hidup sebagai parasit di dalam isi perut lalat dan sel ragi ini untuk mengulangi siklus hidup mereka menjulur melalui berhubung saluran pernapasan lalat dan jika lalat dicelup di cair, sel-sel ini meledak ke dalam cairan dan isi dari sel-sel itu suatu obat penawar untuk penyakit yang lalat bawa. ”



Catat bahwa catatan kaki Bukhari mengutip Dr ini dari Departemen hadis; mereka tidak mendapatnya dengan mengutip dari ilmu kedokteran atau departemen kesehatan.



Satu bagian sayap lalat mengandung penyakit, dan lainnya menyembuhkan Abu Dawud jilid. 3 Nomor 3835 halaman 1080.



Jika seekor lalat jatuh di minuman, celup sayap lain ke dalam inuman. Ibn-I-Majah jilid. 5 nomor 3504-3505 halaman 38-39.





Muhammad Di Air Bersih



Sanitasi (ilmu kesehatan): Bila orang bertanya tentang meminum dari suatu sumur dengan pakaian yang ternoda darah haid, bangkai anjing-anjing, dan barang berbau di dalamnya, Muhammad mengatakan air itu murni dan tidak dicemari oleh apa saja. Abu dawud jilid. 1 Bab 35 nomer 66-67 halaman 16-17.

Menggunakan Air Kencing Unta Sebagai Pengobatan Medis



Menurut Muhammad, seseorang disiksa di kuburan mereka dengan terendam dengan air kencing mereka sendiri. Bukhari jilid. 1 buku 4 bab 57 nomor 215 halaman 141; Bukhari jilid. 1 buku 4 bab 57 nomor 217 halaman 142.



Muhammad masih memerintah beberapa orang untuk ikut penggembala dia dan minum susu dan air kencing unta. Bukhari jilid. 7 buku 71 bab 6 nomor 589,590 halaman 398,399 dan jilid. 7 buku 71 bab 29 nomor 623 halaman 418.



Muhammad juga mengatakan air kencing unta itu obat yang baik. Ibn-I-Majah jilid. 5 buku 31 nomor 3503 halaman 38.



Beberapa muslim diberitahu untuk minum air kencing unta, mereka menjadi murtad dan membunuh penggembala. Muhammad memotong tangan dan kaki mereka, dan membakar mata mereka. Sunan Nasa'i jilid. 1 nomer 308-309 halaman 255-256. lihat juga Bukhari jilid. 4 buku 52 bab 52 nomer 261 halaman 162.









Mantera Mengobati Sengat Kalajengking



Muhammad memberi orang-orang Ansar mantera untuk memindahkan racun sengat kalajengking. Sahih Muslim jilid 3 buku 24 nomor 5442-5444,5448 halaman 1192,1196.





Pengobatan Mohammad yang Lain



Tidak ada penyakit tak dapat disembuhkan menurut Sahih jilid Muslim. Jilid 3 halaman 1199,1200.



Allah telah membuat suatu obat untuk setiap penyakit kecuali usia tua. Abu dawud jilid. 3 nomor 3846 halaman 1083.



Buku 31 di dalam Ibn-I-Majah (jilid 5) merupakan segala obat. Hal ini mengatakan bahwa setiap penyakit kecuali usia tua punya obat. Ibn-I-Majah jilid. 5 nomor 3436 halaman 1.



Muhammad memberitahu orang-orang dengan suatu penyakit kaki mereka untuk mencelup kaki mereka sendiri dengan inai (kembang pacar). Abu Dawud jilid 3 nomor 3849 halaman 1084.



Collyrium mempertajamkan mata dan membuat tumbuh rambut. Ibn-I-Majah jilid. 5 buku 31 nomor 3497 halaman 35. Akan tetapi, satu harus menerapkan collyrium suatu angka ganjil dari waktu. Ibn-i-majah jilid. 5 buku 31 nomor 3498 halaman 35-36; Abu Dawud jilid. 1 buku 1 nomor 35 halaman 8.



Obat penawar racun racun: “Siapa yang makan tujuh buah kurma tiap pagi, akan tidak dipengaruhi oleh racun atau sihir di hari dia makan kurma-kurma tersebut. ” Bukhari jilid. 7 buku 65 Bab 44 nomor 356 halaman. 260 dan Bukhari jilid. 7 buku 72 bab 56 halaman 451; Sahih muslim jilid 3 buku 21 nomor 5080 halaman 1129. jilid. 3 buku 21 nomor 5081 juga menambah sihir.



“Aisha telah menceriterakan kepada saya dia mendengar nabi mengatakan itu, cumin (I don’t know in Indonesian) hitam ini (habassauda-I have read this word from the medicine product that is sold in Indonesia) ) menyembuhkan untuk semua penyakit kecuali as-sam. “Aisha mengatakan, “apakah as-sam?” Dia mengatakan, “kematian.” “Bukhari jilid. 7 buku 71 Bab 7 nomor 591 halaman 400. Juga jilid. 7 buku 71 Bab 7 nomor 592 halaman 400 dan Bukhari jilid. 7 buku 71 Bab 10 nomor 596 halaman 402.



Nigella sativa mengobati segala penyakit kecuali kematian. Sahih Muslim jilid 4 buku 24 nomor 5489-5490; Ibn-i-Majah jilid. 5 nomor 3447 halaman 8; jilid. 5 nomor 3449 halaman 9.



Suatu obat untuk penyakit pegal pinggang bagian bokong domba. Ibn-i-Majah jilid. 5 nomor 3463 halaman 18-19.



Suatu obat untuk radang selaput paru [disebut ramuan tumbuhan] perang, kayu pohon gaharu indian, dan minyak zaitun. Ibn-i-Majah jilid 5 nomor 3467 halaman 21.



lihat www. muslimhope. com/islamandscience. htm bagaimana muhammad mengatakan untuk mengobati mata jahat.



Mohammed' Nasehat pada Pengkopan



Pengekopan merupakan suatu praktek pengobatan kuno dengan menempatkan cangkir di atas kulit orang yang sakit. Ketika cangkir dan udara di samping mereka dingin, hal ini membuat suatu hampa udara mengeluarkan darah pada permukaan.



Muhammad mengatakan bahwa praktek pengobatan pengkopan merupakan suatu pengobatan yang baik. Sahih Muslimjilid 3 buku 24 nomor 5467 halaman 1199; Sahih Muslim jilid 2 buku 7 nomor 2740, 2741 halaman 594; Ibn-I-Majah jilid. 5 buku 31 nomor 3476 halaman 24; jilid. 5 buku 31 nomor 3478 halaman 25.



Pengkopan merupakan pengobatan terbaik. Abu Dawud jilid 3 Nomor 3848,2850,2851 halaman 1084.



Lebih jauh lagi, Muhammad mengatakan bahwa jika siapa saja melakukan pengkopan pada bulan ke 17, 19, atau 21, ini akan merupakan suatu penyembuhan untuk setiap penyakit. Abu Dawud jilid. 3 nomor 3852 halaman 1084.



Abu Hind melakukan pengkopan Muhammad menurut Abu Dawud jilid 2 nomor 2097 halaman 562. Lihat juga Abu Dawud jilid. 3 Bab 1464 Nomor 3855 halaman 1085; Ibn-I-Majah jilid 3 nomor 2162-2163 halaman 302-303; Bukhari jilid. 3 buku 29 bab 11 nomor 361,362 halaman 38-39 Bukhari jilid. 7 buku 71 Bab 12-15 nomor 598-602 halaman 403-405. Hal ini terjadi pada masa berpuasa di Ihram. Ibn-I-Majah jilid. 4 Nomor 3081 halaman 330; Tirmidhi' Shamaa-il Bab 49 nomor 1,2,3,4,5,6.



Bahkan para malaikat memberitahu Muhammad untuk melakukan pengkopan. Ibn-I-Majah jilid. 5 nomor 3477 halaman 25 jilid. 5 nomor 3480-3481 halaman 26.





Even the angels told Mohammed to get himself cupped. Ibn-i-Majah vol.5 no.3477 p.25 vol.5 no.3480-3481 p.26



Kontras Dengan Injil



Semuanya tahu pengobatan kuno itu mempunyai banyak kepercayaan yang cacat, tetapi apakah kamu mengetahui bahwa sang penulis kabar baik (gospel) Lukas yang menemani Paulus, merupakan seorang dokter umum? Kami perhatikan tidak satupun dari nasehat pengobatan Lukas atau kebijaksanaan (walaupun hal ini boleh telah salah) yang ditemukan pada pengajaran kabar baik yang dikabarkan Lukas atau tindakan-tindakannya. Lukas merupakan seorang yang hati-hati, ahli sejarah yang teliti, dan jika dia telah menambahkan sesuatu yang Tuhan tidak ingin dia tambahkan, memang dia akan telah menambahkan apa dia pikir nasehat pengobatan yang baik.



Sementara hadith penuh dengan nasehat di pengkopan, bagaimana cara menghindari mata setan, dan lain-lain. , Perjanjian Baru tidak punya nasehat medis tidak benar. Satu-satunya nasehat pengobatan ketika Paulus memberitahu Timotius mengambil sedikit anggur dalam makanannya karena dia sering menderita penyakit perut. Di kaum Perjanjian Lama nasehat pengobatan secara eksplisit umumnya tidak diberikan (kecuali dalam memberikan suatu bubur buah ara panas untuk mengurangi rasa sakit Yehezkiel), tetapi hukum tentang kebersihan dan kotor dapat dilihat menjadi sangat bersih)



Tentu saja, bersih dan sehat di bagian luar kecil merupakan kepentingan yang lebih kecil dibandingkan juga bersih dan sehat di di dalam. Hal ini harus dilakukan, tetapi hanya dapat dibuat oleh satu-satunya yang kami sebut “Sang Dokter terbaik” - Yesus Kristus. Minta dia membersihkan kamu dan membuka mata kamu kepada kebenaran.



Acuan dan Bahan Bacaan Lebih Jauh



Al-Bukhari Sahih Al-Bukhari. Dialihbahasakan oleh Muhammad Muhsin Khan yang diterbitkan oleh Al Maktabat Al Salafiat Al Madinato Al Monawart. (tidak ada tanggal) (9 volume) (Koleksi yang paling berwenang dari hadis Sunni)



Arbury, .AJ. Penafsiran Al Qur'an. Perusahaan Penerbitan Macmillan , inc. , 1955. (terjemaha Yusuf Ali' rupanya banyak lebih teliti daripada yang ini.)





Campbell, William. Al Quran dan Injil dipandang dari sudut sejarah dan ilmu pengetahuan. Bagian dunia Arab dunia. 1986,2002. Dr. Campbell adalah seorang dokter umum yang berbicara Arab dan telah bekerja di Afrika Utara.



Ensiklopedia Britannica. Ensiklopedia Britannica, inc. 1958 jilid. 13 halaman 7-8.



Terjemahan inggris arti dari Al-Quran: pedoman untuk umat manusia. Oleh Mohammad Faroog-I-Azam Malik. Institut pengetahuan islam 1997.



Kitab suci Al Quran, (Arab dan Inggris) diperiksa kembali dan diedit oleh Peneliti Kepresidenan islam, IFTA, panggilan dan pedoman. Komplek Pencetakan Kitab Suci Al Quran Raja Fahd. ( terjemahan Inggris oleh Abdul Yusuf Ali 1410 Hijriyah.



Lee, Russel V dan Sarel Eimerl. Sang Dokter. Buku-buku time-life. 1967.



Modell, Walter dan Alfred Lansing. Narkoba. Buku-buku time-life. 1967.



Muslim, Imam. (diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh Abdul Hamid Siddiqi) Sahih Muslim. Penerbitan Islam Internasional. (tidak ada tanggal) (volume 4)



Nasa'i, Imam Abu 'Abd-Ur-Rahman Ahmad. sunan nasa'i diterjemahkan oleh Muhammad Iqbal Siddiqi. Publikasi Kazi. 1994



Sunan Abu Dawud. Dialihbahasakan oleh Ahmad Hasan. Sh. Muhammad Penerbit Ashraf. 1984-1996.



Sunan Ibn-I-Majah. Dialihbahasakan oleh Muhammad Tufail Ansari. Publikasi Kazi 121-Zulqarnain Chambers (Pakistan) 1994.



Ensiklopedi Buku Dunia. Buku Dunia, Inc. 1990



Yahya Bin Sharaf An-Nawawi, Imam Abu Zakariya (penyusun ), S. M. Madni Abbasi (penterjemah) Riyadh-Us-Saleheen. Penerbit Internasional Islam. (tidak ada tanggal) (2 volume)



untuk sejarah pengobatan di dunia Arab/Persia.







Situs yang sudah tidak ada lagi (www) iad. org/islam/medicine. html

http://www.nlm.nih.gov/hmd/arabic for a history of medicine in the Arab/Persian world.



http://www.masnet.org/history.asp?id=1033



Situs yang sudah tidak ada lagi (www) iad.org/Islam/medicine.html

Berita / Obat tradisional



Sembuh Berkat Air Buluh
Oleh trubusid
Senin, Nopember 03, 2008 02:29:49 Klik: 564


Sepanjang hayat, beragam penyakit mendekam di tubuh Lilis Nurrohmah: darah tinggi, gangguan jantung, asam urat, dan pencernaan. Perempuan 44 tahun itu kembali bugar setelah rutin mengkonsumsi air dalam batang bambu.

Kondisi tubuh Lilis memang ringkih. Ia dilahirkan prematur. Tubuhnya membiru dan tak keluar secuil pun suara dari mulutnya. Pantas orangtuanya pernah menyangka ia meninggal dunia. Beranjak besar kondisinya tak kunjung membaik. Bermain sepulang sekolah nyaris tak pernah. Musababnya, capai sedikit saja membuat kelahiran 18 April 1964 itu batuk atau masuk angin. Lilis menghabiskan sebagian besar waktunya di ruang perawatan rumahsakit.

Menginjak dewasa, kondisi Lilis sama saja. Komplikasi penyakit seperti darah tinggi, jantung koroner, asam urat, dan gangguan pencernaan datang bertubi-tubi. Empat kali dalam sebulan ia menyambangi dokter. Obat-obatan kimia menjadi santapan sehari-hari. Meski mencoba pelbagai pengobatan alternatif, tetapi ia tak kunjung sembuh.

Bambu eul-eul
Secercah harapan muncul ketika ia mendatangi sebuah pameran di Jakarta. Di sebuah stan, Lilis melihat Adang Meman mengobati pasien dengan air bambu eul-eul. 'Apa salahnya saya coba,' kata Lilis. Adang melubangi ujung ruas bambu sepanjang 40-50 cm dan berdiameter 3-4 cm dengan golok tajam. Ia menampung air di dalam batang bambu ke sebuah botol. Volume air satu ruas rata-rata 600 ml. Lilis menenggak air putih agak keruh itu hingga habis. Saat itu juga, kaki pegal akibat asam urat terasa enteng. Tubuh pun lebih segar.

Takjub dengan perubahan keadaan itu, ia memborong sepuluh ruas bambu eul-eul. Perempuan 44 tahun itu meminum 600 ml air bambu pada pagi dan sore. Sepekan berselang, Lilis memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan laboratorium menunjukkan tekanan darahnya 140/80 mmHg. Padahal, sepekan sebelumnya 180/100 mmHg. Penyakit tacharrhytmia alias detak jantung di atas 100 per menit pun kembali normal, berada di kisaran 75-80 detak per menit. Asam urat yang sempat mencapai 7,9, kini 5,9 alias normal.

Lilis pun rutin mengkonsumsi air bambu eul-eul. Menurut Adang Meman kandungan mineral dalam ruas bambu menjadikan air itu mujarab mengobati beragam penyakit. Sayang, belum ada riset soal kandungan minieral itu. Menurut Adang air bambu eul-eul juga kaya oksigen yang mampu mengikat radikal bebas. Jumlahnya lebih tinggi daripada air heksagonal.

Menurut Dr Rimbawan dari Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor, air heksagonal terbentuk dari enam molekul H2O membentuk formasi heksagonal alias bersegi enam. Pada air biasa lima molekul H2O berkelompok membentuk formasi pentagonal alias segi lima. Sifat air heksagonal yang membentuk kelompok kecil dan stabil membuatnya lebih mudah masuk ke dalam sel. Oleh karena itu ia membantu memperbaiki metabolisme sel dan efektif melarutkan zat sisa metabolisme yang bersifat racun. Cairan tubuh manusia 60%-nya merupakan air heksagonal.

Klaim bahwa air bambu eul-eul mengandung mineral dan oksigen lebih tinggi daripada air heksagonal perlu dibuktikan. Doktor alumnus Nottingham University Inggris, itu memberi gambaran seperti ini. Air biasa mempunyai kadar oksigen 5-6 ppm, air heksagonal bisa mencapai 10 ppm. 'Semakin banyak kandungan, air terasa lebih segar,' kata Rimbawan. Lazimnya, pada suhu rendah, oksigen yang terlarut dalam air meningkat. Maklum dalam keadaan normal molekul air berbentuk huruf V. Susunan molekulnya tertata rapi dan muncul rongga-rongga. Itu membuat oksigen terperangkap di dalamnya sehingga air terasa segar.

Perkara air bambu eul-eul yang disebut-sebut sebagai air embun bambu begini penjelasannya. 'Bisa jadi karena air dalam keadaan dingin akibat embun, kadar oksigennya lebih tinggi. Namun, itu pun hanya memberikan efek segar, belum ada telaah sebagai obat,' tutur Rimbawan. Hartono Chong, herbalis di Jakarta berpendapat, air bambu eul-eul berpotensi sebagai alternatif pengobatan sebagaimana 'air murni' dari embun bambu yang selama ini dikenal. Namun, Hartono menambahkan itu perlu pembuktian secara ilmiah terlebih dahulu.

Sugestif?
Menurut Prof Dr Elizabeth Anita Widjaja APU dari periset Pusat Penelitian dan Pengembangan Biologi LIPI, buluh alias bambu eul-eul merupakan spesies endemik di Jawa Barat. Nama ilmiahnya Nastus elegantissimus. Bambu itu tumbuh di dataran tinggi, lereng, bukit, dan lembah dengan ketinggian 1.400-2.000 m di atas permukaan laut. Adang Meman menolak menyebutkan lokasi pengambilan bambu eul-eul. Elizabeth Anita Widjaja, ahli bambu, mengatakan bambu eul-eul antara lain tumbuh di di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dalam Plant Resources of South-East Asia awi eul-eul adalah nama bambu eul-eul di masyarakat Sunda. Menurut doktor bambu pertama di Indonesia itu pemanfaatan bambu eul-eul selama ini hanya sebatas sebagai dinding rumah, pagar, dan ancak tempat pengeringan daun tembakau. Airnya bermanfaat sebagai penghilang dahaga semata. Kandungan mineral dalam anggota famili Poaceae itu diduga silika yang banyak terdapat dalam bambu.

Prof Dr Sumali Wiryowidagdo Apt dari Pusat Studi Obat dan Bahan Alam Universitas Indonesia menyatakan belum ada riset yang menunjukkan air bambu eul-eul ampuh sebagai sarana pengobatan. Begitu juga pendapat Prof Dr Asep Gana Suganda dari Departemen Farmasi Institut Teknologi Bandung. Terlepas dari kandungan mineral itu, air putih ampuh sebagai 'obat' sebagaimana pendapat dr Sidi Aritjahja-pengobat komplementer di Yogyakarta.

Untuk mengatasi asam urat, konsumsi sedikitnya 1,5-2 l air putih setiap hari. 'Ini untuk menghanyutkan zat tertentu, misal kalsium oksalat, agar tidak mengkristal dan keluar melalui urine,' tutur dokter alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu. Penggunaan air bambu eul-eul sebagai sarana pengobatan dalam pandangan Sidi hanya bersifat sugestif. (Faiz Yajri


Berita / Obat tradisional



Penghapus Derita 10 Tahun
Oleh trubusid
Senin, Juli 07, 2008 16:02:52 Klik: 3808



Klik untuk melihat foto lainnya...

Sebagai sopir pada sebuah bank swasta nasional, duduk seharian di belakang kemudi menjadi rutinitas Marsono. Kebiasaan itu membawa penderitaan infeksi saluran kemih selama 10 tahun.

Kisah sedih itu bermula pada medio 1998 ketika Marsono bangun tidur. Tiba-tiba saja, ia merasakan saluran kemihnya panas. 'Panasnya mirip air mendidih di ketel air,' kata suami Ani Suprapti itu. Tak kuasa menahan sakit, Marsono meringkih, menggigit bibir sambil menelungkupkan tubuhnya di pembaringan. Peluh dingin bercucuran di sekujur tubuh hingga sakit reda satu jam kemudian.

Keesokan harinya nyeri itu kembali datang. Marsono mendatangi dokter spesialis kulit dan kelamin di sebuah rumahsakit di Tangerang, Provinsi Banten. Ia menceritakan kepada dokter, gejala sakitnya. Panas di saluran kemih, kencing sedikit tapi sering, dan sakit di tulang atas kemaluan. Dokter menganalisis urine, bakteri, dan pemeriksaan kimia. Hasil diagnosis, Marsono terinfeksi saluran kemih bagian atas akibat serangan bakteri Eschericia colii.

Penyebab masuknya bakteri itu beragam. Pada kasus Marsono, bakteri datang karena daerah di sekitar kelaminnya kerap lembap akibat duduk terlalu lama. Perilaku hidup jorok seperti jarang membersihkan kelamin pascaberkemih, juga mengundang datangnya bakteri itu.

Mandul
Dokter mewajibkan Marsono mengkonsumsi obat-obatan berupa antibiotik dan antipasmodik-antikejang otot-3 kali 1 tablet sehari. Meski ia mematuhi anjuran itu, nyeri tak kunjung berkurang pada sepekan kemudian.

Pria kelahiran Sukoharjo, Jawa Tengah, itu berganti dokter. Dokter memberi peringatan, apabila rasa nyeri dan panas terus terjadi akan sulit baginya memiliki keturunan. Keruan saja ia syok mendengar peringatan itu. 'Tak sampai 6 bulan, saya menikah dengan gadis impian,' kata pria kelahiran 15 Juli 1953 itu. Beruntung calon istri tak mempermasalahkannya. Setelah menikah, perasaan Marsono selalu dihantui kemungkinan gagal mempunyai anak. Sebab, panas di saluran kemih terus bergolak setiap pagi. Badannya lunglai dan daya tahan tubuh turun drastis.

Kelahiran putrinya, Intan Permata Zumarnis, pada 2000 melegakan hati Marsono. 'Saya tidak mandul,' ungkapnya dalam hati saat itu. Walau begitu, nyeri di saluran kemih terus terjadi. Untuk mengatasinya, ia mengkonsumsi antibiotik setiap hari. Bosan dengan penderitaan yang tak berujung kesembuhan, ia mencoba akupuntur selama 4 tahun. Toh, nyeri tak jua sirna.

Total 10 tahun sudah Marsono hidup berdampingan dengan penyakit. Sehari saja khilaf tak mengkonsumsi antibiotik, ia merasakan nyeri teramat sangat. Jika sudah begitu, ayah 2 anak itu tak mampu berbuat apa pun selain meringkih di pembaringan.

Teripang
Kesabaran menahan penderitaan menghadiahinya titik terang. Pada April 2008 alumnus Sekolah Teknik Menengah Karanganyar itu memperoleh ekstrak teripang dari rekannya. Pertama kali mencoba leher kaku dan badan lemas. Ia sempat berpikir untuk menghentikan konsumsi. Namun, Siska-begitu nama rekannya-meyakinkan ekstrak teripang ampuh mengatasi berbagai penyakit.

Konsumsi pun ditingkatkan menjadi 3 kali 3 sendok makan sehari. Hasilnya, mencengangkan. Setelah 3 hari mengkonsumsi ekstrak teripang, nyeri dan panas di saluran kemih hilang. Bukan hanya itu, daya tahan tubuhnya pun meningkat. Itu terbukti menyetir seharian sama sekali tak membuatnya lelah.

Keampuhan gamat mengenyahkan bakteri Escherichia colii bukan pengalaman empiris Marsono semata. Di Universitas Kebangsaan Malaysia, Prof Ridzwan Hashim menemukan bukti sahih,

teripang Holothuria atra, H. scabra, dan Bohadshia argus berefek antibakteri. Riset itu juga membuktikan ekstrak teripang ampuh mengatasi bakteri Streptococcus faecalis penyebab pembengkakan lapisan dalam jantung, S. viridans (katup jantung), S. pneumoniae (radang paru-paru dan sinusitis akut), Staphylococcus aureus (meningitis), Proteus mirabilis (penginfeksi luka), dan Escherichia colii (infeksi saluran kemih). Menurut Ridzwan hewan laut bermarga Echinodermata itu mengandung phospate-buffered saline yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri gram positif dan gram negatif.

Selain itu, teripang mengandung gizi yang lengkap. Seperti 9 jenis karbohidrat, 59 jenis asam lemak, 19 jenis asam amino, 25 komponen vitamin, 10 jenis mineral, dan 5 jenis sterol. Semua kandungan gizi itu bersatu-padu membangun kekebalan tubuh dan memberantas bakteri. Itu sebabnya bakteri tak lagi membuat nyeri saluran kemih dan tubuh. Marsono kembali bugar. (Faiz Yajri)


Berita / Obat tradisional



Kencing Manis Berakhir Manis
Oleh trubusid
Selasa, Juli 01, 2008 01:26:40 Klik: 4757



Klik untuk melihat foto lainnya...

Sebuah bisul di pergelangan tangan menjadi sinyal datangnya penyakit maut. Mula-mula tangan Siti Asiyah gatal, kemudian muncul bisul yang tak kunjung sembuh. Pada saat bersamaan ia cepat lelah. 'Padahal saya banyak makan dan minum, kok bisa cepat lelah?' ujarnya. Biang keladi semua gangguan kesehatan itu adalah tingginya kadar gula darah: 650 mg/dl. Kadar gula darah normal puasa, 126 mg/dl dan 2 jam setelah makan, 200 mg/dl.

Siti Asiyah kaget bukan kepalang mengetahui kadar gula darahnya melambung tinggi. Namun, akhirnya ia menyadari: itu buah dari kebiasaannya selama ini. Maklum, dia termasuk orang yang gemar mengkonsumsi makanan manis berkarbohidrat tinggi, 'Kalau saya rapat atau seminar, camilan yang saya makan manis semua,' kata perempuan 57 tahun itu. Celakanya, alumnus Universitas Pendidikan Indonesia itu praktis tak pernah berolahraga lantaran kesibukannya.

Gaya hidup Siti Asiyah persis Nasir Heni di Jember, Jawa Timur, yang rutin mengkonsumsi bergelas-gelas teh manis saban hari. Pria 50 tahun itu semula merasa lelah. 'Seperti tak punya otot,' katanya. Selain itu ia berkunang-kunang, gatal sekujur tubuh, dan berjalan sempoyongan. Gangguan itu terjadi dalam 3 bulan. Bobot tubuhnya melorot tinggal 50 kg dari sebelumnya 75 kg. Hasil laboratorium menunjukkan kadar gula darahnya 450 mg/dl.

Pola hidup
Menurut Dr dr Aris Wibudi SpPD, dokter spesialis penyakit dalam RS Gatot Soebroto Jakarta, pemicu utama diabetes mellitus adalah pola hidup yang jelek. Maksudnya jarang melakukan aktivitas fisik dan banyak mengkonsumsi makanan manis dan berminyak. Makanan manis meningkatkan kadar gula darah. Makanan berminyak? Gorengan yang sarat lemak memicu meningkatnya bobot tubuh. Dengan bertambahnya bobot, tubuh semakin kurang sensitif terhadap efek insulin, sehingga kadar gula darah meningkat.'

Tentang pola makan, Aris menyarankan, 'Perhatikan jumlah makanan, jangan berlebihan, hindari makanan berminyak, dan konsum silah sayuran dan buah segar, serta hindari makan apa pun minimal 3 jam sebelum tidur,' katanya. Anjuran seperti itu bukanlah gaya hidup Siti Asiyah maupun Nasir. Itulah sebabnya akhirnya mereka positif mengidap diabetes mellitus.

Menurut Aris Wibudi banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya mengidap kencing manis. Awalnya diabetes memang tidak menimbulkan keluhan dan rasa sakit. Penderita hanya sering lapar, haus, dan kerap buang air kecil. 'Dalam semalam, waktu istirahat bisa 3-5 kali buang air kecil. Bila gejala seperti itu muncul, sebaiknya periksa gula darah ke dokter,' kata Aris.

Terapi herbal
Sejak divonis menderita diabetes mellitus, Asiyah mengkonsumsi obat-obat antidiabetes seperti glibenclamide, amaryl, dan lactibet. Selama ini begitulah pengobatan diabetes, yaitu dengan pemberian obat-obat oral antidiabetik (OAD), atau suntikan insulin. Setahun lamanya, ibu satu anak itu mengkonsumsi obat dokter. Namun, kadar gula darah seperti enggan turun, bertengger pada angka 500-an-mg/dl.

Saran Prof Dr Edi G Amir, guru besar Institut Pertanian Bogor, untuk mengkonsumsi rebusan kulit batang bungur dituruti. Pada September 2005 Asiyah rutin mengasup kapsul ekstrak kulit bungur 3 kali sehari masing-masing 3 tablet sebelum makan. Ia mengkombinasikannya dengan mengkonsumsi kapsul daun sendok dan mimba. Daun sendok obat antidiabetes dan mimba untuk mengurangi gatal-gatal.

Sedangkan Nasir Heni atas saran Eko Jinem Hartuti, herbalis di Jember, Jawa Timur, mengkonsumsi 3 kapsul ekstrak daun bungur setiap hari. Selain itu ia juga mengkonsumsi ekstrak daun sambiloto, daun pegagan, dan umbi bawang putih. Menurut Eko, daun bungur dan bawang putih berperan untuk memperbaiki kinerja pankreas, organ yang memproduksi insulin. Sambiloto untuk mengatasi rasa gatal.

Dua minggu setelah konsumsi bungur Asiyah mulai merasakan nyaman. Perlahan kadar gula darahnya turun menjadi 511 mg/dl. Bahkan 2 bulan setelah mengkon sumsi, kadar gula darahnya turun ke angka 200 mg/dl. Pada saat bersamaan, rasa gatal, haus, dan sering berurin berangsur berkurang. Hingga kini Siti Asiyah masih rutin mengkonsumsi kapsul bungur. 'Terakhir saya periksa ke dokter 18 Februari 2008, gula darah saya 181 mg/dl,' ujarnya. Demikian juga Nasir Heni, kadar gula darahnya menjadi 200 mg/dl setelah 2 pekan mengkonsumsi ekstrak daun bungur.

Terbukti
Menurut dr Setiawan Dalimartha, dokter dan herbalis di Jakarta Barat, secara empiris bungur ampuh mengendalikan diabetes. Pengidap diabetes mellitus dapat merebus 8 daun bungur segar dalam 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa segelas. Setelah dingin disaring, lalu minum sekaligus pada pagi hari.

Bungur efektif mengatasi diabetes mellitus? Begitulah riset Putu Pramitasari, dari Fakultas Farmasi Universitas Surabaya. Ia memberikan infus daun bungur berkonsentrasi 10% dan 20% dengan takaran 5 ml/kg bobot tubuh pada kelinci. Hasilnya, kadar gula satwa percobaan itu turun.

Dr Yamazaki, farmakolog Hiroshima University School of Medicine Jepang, mempelajari efek asam korosolik, senyawa aktif pada daun bungur yang berfungsi seperti insulin. Hasil penelitiannya menunjukkan korosolik mengaktivasi proses tranfer glukosa darah ke dalam sel sehingga kadar glukosa darah turun dan tidak terjadi penumpukan glukosa di dalam darah.

Pembuktian khasiat bungur Lagerstroemia speciosa juga dilakukan oleh Dr William V. Judy dari Institut Riset Biomedis, Florida, Amerika Serikat. Ia menguji efektivitas korosolik dalam menurunkan gula darah. Dalam uji itu ia melibatkan 12 penderita diabetes tipe II berusia di atas 46 tahun. Kadar gula darah puasa mereka di atas 150 mg/dl. Mereka dibagi 2 kelompok. Grup pertama diberi kapsul korosolik berdosis 16 mg, 32 mg, dan 48 mg per hari selama 2 pekan. Kelompok kedua diberi korosolik dalam bentuk bubuk kering berdosis 16 mg, 32 mg, dan 48 mg per hari selama 2 pekan.

Setelah 14 hari perlakuan, kadar glukosa darah diukur. Hasilnya kadar gula darah kelompok yang diberi kapsul 16 mg turun 4,9%; dosis 32 mg (10,7%); dan dosis 48 mg (31,9%). Sedangkan kadar

gula darah kelompok yang diberi bubuk berdosis 16 mg turun 3,18%; dosis 32 mg (6,5%); dan dosis 48 mg (20,2%). Riset itu meneguhkan anggota famili Lythraceae itu memang tokcer mengatasi diabetes mellitus seperti dialami Siti Asiyah dan Nasir Heni. (Ari Chaidir/Peliput: Sardi Duryatmo)


Berita / Obat tradisional



Daun Purba Penggempur Batu
Oleh trubusid
Jumat, Oktober 10, 2008 07:12:20 Klik: 1026



Klik untuk melihat foto lainnya...

Berurine dan bangun dari duduk adalah aktivitas yang menyiksa Tjawa Noor Cholis. Setiap kali bangkit usai duduk, ia merasakan nyeri pinggang bukan kepalang. Ketika berkemih penderitaan itu kembali terulang. 'Sangat menyiksa,' ujarnya. Setelah rutin mengkonsumsi rebusan daun tin, penderitaan panjang sejak 2000 itu berakhir.

Beberapa koleganya mengatakan penyakit yang diidap Tjawa Noor Cholis kemungkinan kencing batu. Keruan saja kepala sekolah di Karawang, Jawa Barat, itu gelisah. Oleh karena itu ia bergegas ke dokter. Hasil diagnosis ahli medis itu menunjukkan Tjawa memang positif mengidap batu ginjal. Dokter yang menanganinya menyarankan agar Tjawa menjalani operasi. Namun, anjuran itu ditolak. 'Saya takut menjalani operasi. Kalau bisa pakai herbal saja,' katanya.

Pria 60 tahun itu memilih herbal untuk mengatasi gangguan kesehatan itu. Ia mengkonsumsi rebusan daun kumis kucing, keji beling, dan akar alang-alang. Ia menyaring rebusan itu dan meminumnya 3 kali sehari masing-masing segelas. Sayang, kesembuhan yang ia harapkan belum tergapai meski telah mengkonsumsi rebusan herbal itu selama 1 bulan. Mungkin lantaran singkatnya waktu mengkonsumsi sehingga efek herbal kurang signifikan.

Diuretik
Karena tak kunjung sembuh ia tetap mengunjungi dokter untuk mendapat suntikan di pinggang. Usai mendapat suntikan, nyeri memang hilang. Namun, cuma sesaat. Beberapa hari berselang nyeri kembali meradang. Begitu terus berulang-ulang. Pada 2002 ia merasakan nyeri pinggang dan di bagian bawah perut ketika tak mampu berkemih. Saat itulah tetangganya menyodorkan hasil rebusan daun tin. Ia tak berpikir panjang dan langsung mengkonsumsinya. Tetangganya mendapatkan minuman itu dari kerabat yang bekerja di Jeddah, Arab Saudi.

Tjawa meminum habis sebotol rebusan daun tin bervolume 600 ml. Keesokan harinya, ia merasakan sesuatu keluar bersama urinenya. Ia mengambil benda seukuran biji pepaya itu, ternyata sebuah batu bergerigi dan berwarna kelabu. Ketika batu itu keluar, Tjawa merasakan sakit luar biasa. Namun, setelah itu ia lancar berurine dan nyeri di pinggang berkurang.

Menurut dr Ahmad Bi Utomo, Sp.BU, direktur Rumah Sakit Umum Islam Kustati Solo, agar batu ginjal dapat keluar bersama urine maka ukuran batu tidak lebih besar daripada saluran kencing, kira-kira berdiameter 0,4-0,5 cm. Dokter spesialis bedah urologi alumnus Universitas Airlangga itu menuturkan proses penge luaran batu dapat dibantu dengan memberikan obat-obatan yang bersifat diuretik alias peluruh urine.

Sejak merasakan khasiat daun tin Ficus carica, keponakan Tjawa, Wawan Syarief, memburu bibit tanaman purba itu dan membudidayakannya. Wawan rutin mem bawakannya beberapa lembar daun tin setiap hari. Tak puas hanya dibawakan daunnya saja, Tjawa akhirnya menanam pohon tin di halaman rumah. Kini pohon itu setinggi 1,5 m dan tumbuh subur. Tjawa semakin mudah memperoleh daun tin untuk mengatasi batu ginjal.

Untuk membuat ramuan, Tjawa memetik tujuh lembar daun tin berumur sedang. Teksturnya kasar. Setelah mencucinya, pria kelahiran Karawang, 17 Oktober 1948 itu merebusnya dalam tiga gelas air sampai mendidih dan tersisa dua gelas. Rebusan itulah yang diminum Tjawa 2 kali sehari, pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Rasanya tawar dan tidak beraroma. 'Setelah kerja berat, minum rebusan daun tin jadi segar,' ujar Tjawa.

Pada 2005 batu ginjalnya kembali keluar. Sejak rutin mengkonsumsi rebusan daun tin, Tjawa bisa merasakan batu turun dari pinggang kanan dan kiri. Ukurannya lebih kecil ketimbang batu yang keluar 3 tahun sebelumnya. 'Dulu tak bisa kencing, rasanya sakit sekali. Tidur tidak nyaman dan duduk lama-lama tidak enak. Sekarang sudah tak masalah lagi duduk lama-lama, kerja sampai jam 2 pagi pun kuat,' ujarnya.

Berdarah
Menurut dr Sidi Aritjahja, dokter sekaligus herbalis, di Yogyakarta, pemicu batu ginjal adalah konsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam dan infeksi saluran kencing. Calculi alias batu adalah kristal keras kecil yang menggumpal di dalam cairan tubuh, seperti air kemih. Batu mengendap dalam ginjal dan saluran kemih. Jika batu keluar melalui saluran kemih, menimbulkan rasa sakit luar biasa. Bila dipaksakan bisa melukai saluran kemih sehingga urine berdarah.

Cara termudah untuk mencegahnya adalah dengan banyak minum air putih. Garam-garam pembentuk batu ginjal bisa terkikis dan tidak terjadi pengendapan sehingga garam bisa terbawa bersama urine. 'Jangan hanya minum saat kita merasa haus. Haus sebenarnya tanda bahwa tubuh kita sudah mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi,' kata dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu.

Mengapa daun tin ampuh mengatasi batu ginjal? Menurut Sidi daun tin mengandung alkaloid dan saponin yang bermanfaat sebagai diuretik serta memperbaiki metabolisme protein dan lemak. Daun tanaman anggota famili Moraceae itu mengandung senyawa flavonoid terutama quecertin dan luteolin. Keduanya senyawa antiradang dan antioksidan. Khusus luteolin berkhasiat membantu proses metabolisme karbohidrat dan meningkatkan sistem imun.

Kandungan senyawa diuretik itulah yang membantu menggerus batu yang mengendap di saluran kemih dan ginjal sehingga bisa terbawa saat berurine. Sedangkan senyawa antiradang mengurangi rasa nyeri. Pantas nyeri pinggang yang dirasakan Tjawa berkurang setelah ia rutin mengkonsumsi rebusan daun tin. Selain mengobati kencing batu, daun tin bisa memberikan kebugaran seperti yang dialami Tjawa. (Ari Caidir



Berita / Obat tradisional



Atasi Kristal Pemicu Nyeri Sendi
Oleh trubusid
Jumat, Oktober 10, 2008 07:14:12 Klik: 1401



Klik untuk melihat foto lainnya...

Lucia Maria Idayanti Pusparini terbangun begitu mendengar bunyi teklik... teklik.... Sumber bunyi itu adalah ibu jari tangannya yang tiba-tiba bengkok, sulit digerakkan. Rasa nyeri merambat di sekujur jempol tangan kanannya hingga ia memekik sakit.

Semula Lucia Maria Idayanti Pusparini menduga ia terkilir. Oleh karena itu keesokan paginya ia memanggil tukang pijat untuk mengurut ibu jarinya. Namun, kejadian seperti malam itu kembali terulang. Malahan nyeri sendi tak hanya di tangan, tetapi juga jari kaki. Persendian kakinya memerah. Ia menitikkan air mata menahan nyeri. Kondisi itu yang mendorong Lucia memeriksakan diri ke klinik.

Dokter mendiagnosis hiperurisemia alias kelebihan asam urat. Itu merujuk pada hasil laboratorium yang menunjukkan kadar asam uratnya 8,9 mg/dl. Kadar normal untuk perempuan berkisar 2,6-6 mg/dl. Setelah mengetahui biang keladi rasa nyeri, pada pertengahan Agustus 2007 ia mengkonsumsi pereda asam urat dan analgesik yang beredar di pasaran.

Kebutuhan kecil
Gangguan kesehatan itu menghambat aktivitas Lucia sebagai perawat. Kegiatan mengisi waktu luang dengan membuat manik-manik dan beragam kue juga sulit dilakukan. Asam urat alias gout sejatinya adalah penyakit lama. Bapak kedokteran, Hippocrates, mengenal asam urat pada 2.000 tahun lampau. Karena saat itu kerap menyerang keluarga menengah atas, asam urat disebut penyakit raja.

Menurut dr Tomi Hardjatno MS, staf pengajar Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, asam urat hasil akhir metabolisme purin. Fungsi asam urat membentuk inti-inti sel. Namun, jumlah yang diperlukan tubuh sangat kecil. 'Secara normal tubuh mengeluarkan sisanya melalui usus atau pun feses sebanyak 20% dan 80% sisanya dikeluarkan dalam bentuk urine dengan perantaraan ginjal,' tutur Tomi.

Dokter Suryo Wibowo mengatakan asam urat merupakan asam berbentuk kristal, hasil akhir metabolisme purin. Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh. Tubuh menyediakan 85% senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari. Artinya kebutuhan purin dari makanan hanya 15%. Konsumsi alkohol, telur, ikan sarden, dan jeroan-hati, jantung, babat, limpa- meningkatkan kadar asam urat. Itu akibat kerja enzim hipoksantin untuk mengolah purin kian berat. Akibatnya banyak sisa asam urat di dalam darah, berbentuk butiran, dan mengumpul di sekitar sendi sehingga menimbulkan nyeri. Asam urat berlebih berpadu dengan natrium dan membentuk kristal natrium urat.

Lipoksigenase
Ketika obat-obatan antiasam urat yang ia konsumsi tak kunjung menyembuhkan, Lucia menerima saran tetangganya, Siska. Siska menyarankan agar Lucia mengkonsumsi ekstrak teripang. Pada Oktober 2007, mulailah Lucia mengkonsumsi 2 sendok makan ekstrak teripang. Frekuensinya 2 kali sehari. Baru beberapa hari menyantap ekstrak satwa laut itu, ia merasakan badannya serasa dipukuli. Lucia sempat ragu.

Siska kembali menyarankan agar konsumsi terus dilanjutkan. Tubuh yang sakit itu pertanda ekstrak teripang sedang bekerja. Sepekan kemudian perempuan kelahiran 12 September 1959 itu memekik kegirangan. Ibu jari tangan kanannya yang selama 2 bulan kaku mulai leluasa digerakkan. Lucia senang bukan kepalang sehingga ia melanjutkan konsumsi teripang.

Tiga bulan setelah rutin mengkonsumsi ekstrak teripang, ia memeriksakan diri ke klinik. Hasilnya, kadar asam uratnya 5,9 mg/dl. Meski demikian ia tetap mengkonsumsi ekstrak beche de mer- sebutan teripang di Perancis-untuk menjaga kesehatan. Di Pulau Langkawi, Malaysia, teripang sohor sebagai obat nyeri sendi akibat asam urat. Kepada Trubus, ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee alumnus Wisconsin University mengatakan teripang mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin.

Kondritin sulfat berperan memulihkan penyakit sendi. Sedangkan glukosaminoglikan merupakan zat antithrombogenik pelancar peredaran darah yang menggumpal. Pada penderita asam urat, jumlah glukosamin dan kondritin sedikit.

Riset Dr Mittchell Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis, New York, Amerika Serikat, menunjukkan teripang berkhasiat meningkatkan kesehatan fi sik bagi 70% penderita radang sendi akibat asam urat. Ini akibat glukosamin merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian. Menurut dr Zen Djaja MD, dokter di Malang, Jawa Timur, satwa anggota famili Holothuriidae itu mengandung asam lemak 12-MTA alias metthyltetradecanoic acid.

Asam itu ampuh menghadang enzim 5-Lox atau populer sebagai lipoksigenase, enzim yang mengoksidasi lemak tak jenuh menjadi peroksida. Menurut dokter alumnus Universitas Katolik Atmajaya itu kolagen dalam teripang mengaktifk an enzim urikase sehingga lebih aktif memecah asam urat menjadi allantoin. Dengan demikian asam urat tidak menumpuk dan menimbulkan radang sendi. (Faiz Yajri)



Berita / Obat tradisional



Malaikat Penyembuh Negeri Sakura
Oleh trubusid
Selasa, Juli 01, 2008 00:36:43 Klik: 1989



Klik untuk melihat foto lainnya...

Rahasia umur panjang penduduk Hachijo, Jepang, hingga rata-rata 90 tahun akhirnya tersingkap. Mereka rutin mengkonsumsi a%@!#$&aba setiap hari. Tanaman obat kaya antioksidan itu mereka jadikan sayur menyebabkan daya tahan tubuh sangat kuat.

Dr Nurliani Bermawie, periset di Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik (Balittro) menuturkan, A%@!#$&aba mempunyai getah berwarna kuning atau chalcones yang keluar dari batang dan daun. Di situ terdapat beberapa bahan aktif seperti xantoangelol dan 4-hydroxyderricin yang merupakan antioksidan. Di antara sekitar 50 anggota genus Angelica, a%@!#$&aba satu-satunya yang memiliki getah kuning.

Tanaman yang kini dibudidayakan Balittro itu bernama ilmiah Angelica keiskei Koidzumi. Angelica disematkan lantaran ia multikhasiat. Selain kaya antioksidan, tanaman itu juga ampuh mengatasi kanker seperti dibuktikan Toru Okuyama. Peneliti di Fakultas Farmasi di Meiji University, Jepang itu memberikan ekstrak a%@!#$&aba pada tikus pengidap kanker paru dan kanker kulit. Enam bulan berselang, pertumbuhan kanker paru dan kanker kulit berhenti.

Hasil itu diperkuat oleh riset Kimura Y di Kedokteran, Ehime University Jepang. Ia memberikan ekstrak akar a%@!#$&aba 100 mg per kilogram bobot tubuh tikus penderita tumor paru. Pertumbuhan tumor itu terhambat dan tidak terjadi metastasis alias penyebaran sel ke jaringan lain. Senyawa aktif yang berperan menghambat pertumbuhan tumor itu xanthoangelol. Ia menghambat sintesis DNA pada sel-sel tumor.

Xanthoangelol juga terbukti ampuh mengobati neuroblastoma alias kanker saraf dan leukemia. Tabata K dari Nihon University Jepang, membuktikan xanthoangelol bersifat apoptosis alias menyebabkan program kematian sel kanker. Setelah inkubasi selama 4 jam, terjadi apoptosis sel. Itu lantaran caspase-3, sejenis protein dalam sel leukemia dan neuroblastoma menjadi aktif setelah diberi xanthoanglol.

Klorofil
Keampuhan a%@!#$&aba terungkap sejak era dinasti Ming (1518-1593). Saat itu para tabib meresepkan a%@!#$&aba untuk menghilangkan kesulitan menstruasi, memperlancar aliran darah, obat diuretik, dan memperlancar air susu ibu. Kerabat pegagan Centella asiatica itu juga berkhasiat antihipertensi sebagaimana dibuktikan Hirhosi Ogawa di Fakultas Kedokteran Kinki University, Osaka.

Senyawa 4-hydroxyderricin dalam getah kuning menekan tekanan darah sistolik. Faedah lain mengurangi LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat dan trigliserida dalam hati tikus yang menderita stroke dan hipertensi. A%@!#$&aba juga memiliki aktivitas antidiabetes. Kazuo Hida, herbalis di Jepang, menyebutkan 6 bulan setelah konsumsi a%@!#$&aba, kadar gula darah turun dari 400 mg/dl menjadi 150 mg/dl.

Khasiat sebagai antidiabetes dan antikolesterol itu juga dibuktikan oleh Wuryaning Setyawati, herbalis di Jakarta Utara. Menurut Tatsuji Enoki di Biotechnology Research Laboratories, Takara Bio Inc. Jepang, kandungan 4-hydroxyderricin (4-HD) dan xanthoangelol dalam a%@!#$&aba memiliki kemampuan seperti insulin sehingga dapat menurunkan kadar gula darah.

Tanaman dari Hachijo itu kaya klorofi , zat hijau daun yang berperan mengumpulkan dan menyimpan energi matahari. Menurut Dr Leenawati Limantara MSc, ahli klorofil dari Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, klorofil adalah pigmen utama yang terdapat pada tumbuhan, alga, dan bakteri fotosintetik. 'Perannya sebagai antena penangkap cahaya dan pentransfer energi dalam proses fotosintesis,' kata alumnus Kwansei Gakuin University, Kobe, Jepang, itu.

Klorofil merangsang produksi sel darah merah yang berperan membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Zat hijau daun itu pembersih darah dan hati serta mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dalam saluran pencernaan. Bahkan klorofil juga mampu meredam pertumbuhan sel kanker karena memiliki efek sitotoksik. Jurnal Riset Kedokteran dan Biologi Brasil mengungkapkan metode penanganan kanker paling mutakhir menggunakan 3 faktor yaitu fotosensitizer, cahaya tampak, dan oksigen.

Senyawa kimia fotosensitizer membunuh sel-sel kanker ketika disinari cahaya dengan panjang gelombang tertentu. Klorofil mampu menyerap cahaya dengan panjang gelombang maksimum 770 nm. Itu sebabnya pengobatan modern mempercayai klorofil sebagai penyembuh kanker yang aman dibandingkan obat kimia.

Angelica keiskei kaya betakaroten, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, biotin, asam folik, dan vitamin C. Ia juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, fosfor, seng, dan tembaga. Menurut Nurliani, a%@!#$&aba mengandung vitamin B12 yang biasanya ada pada hewan. Vitamin ini berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, meningkatkan produksi hormon, memperkuat sistem imun tubuh dan meningkatkan daya pikir. Akar a%@!#$&aba mengandung furanokumarin yang berfungsi sebagai antikanker.

Malaikat
Dengan seabrek khasiat, pantas jika tanaman itu bernama Angelica keiskeiKoidzumi. Bahasa Latin, angelica berarti malaikat. Keiskei untuk menghargai ahli botani Jepang pada abad ke-19, Ito Keisuke. Sosok tanaman itu mengingatkan kita akan seledri. Bedanya, ukuran a%@!#$&aba lebih besar, tinggi mencapai 1,2 m. Keduanya memang masih sekerabat, sama-sama anggota famili Apiaceae.

Pertumbuhan daunnya sangat cepat. 'Sekarang daunnya dipetik, besok sudah mulai tumbuh lagi,' kata Nurliani. Itulah sebabnya ia dijuluki tomorrow leaf. Bunganya hemaprodit karena organ jantan dan betina berada dalam satu bunga. Penyerbukan tanaman dataran tinggi itu dibantu serangga. Ia menyukai tempat yang terkena cahaya, tetapi mampu tumbuh di tempat ternaungi. Pada umur 4-6 bulan, daun dan getah malaikat penyembuh itu bakal mengobati beragam penyakit. (Ari Chaidir)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment